THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Sabtu, 17 Januari 2015

MEROKOK MEMBUNUHMU



Merokok mungkin sudah menjadi kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak orang di Indonesia, terutama oleh para pria. Terkadang kebiasaan merokok ini bisa saja menjadi hal yang memang tidak bisa dirubah karena banyak yang berfikiran bahwa jika tidak merokok sehari saja akan terasa pahit di mulut.
Bukan hal yang biasa lagi jika kita mendengar bahwa rokok sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, karena sebenarnya sudah banyak peringatan dan pesan yang sering kita dengar dari berbagai media mengenai bahaya rokok tersebut. Bahkan sebenarnya sudah ada peringatan mengenai bahaya rokok tersebut pada setiap kemasan rokok itu sendiri. Tetapi anehnya tetap saja masih banyak orang yang merokok, entah hanya sekedar ingin di anggap sebagai anak gaul atau mungkin sudah menjadi kebutuhan bagi dirinya.
Perlu diketahui bahwa menurut penelitian, ternyata yang akan menerima efek negatif dari rokok tersebut bukan hanya perokok aktif saja, akan tetapi perokok pasif pun akan menerima akibat negatif dari rokok tersebut. Dan justru efek yang diterima oleh perokok pasif akan jauh lebih berbahaya dari pada  perokok aktifnya. Karena asap yang di hirup oleh perokok pasif akan langsung masuk ke paru-paru melalui hidung.
Selain itu, bahaya rokok bagi kesehatan manusia adalah sebagai berikut : pertama, rokok mengandung zat racun. Racun atau Zat-zat kimia berbahaya tersebut terkandung dalam Asap rokok. Asap rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan 50 kali mengandung bahan pengiritasi mata dan pernapasan. Selain itu, ada 4.000 zat kimia yang terdapat dalam sebatang rokok, 40 diantaranya tergolong zat yang berbahaya misalnya : nikotin, tar, hidrogen sianida (HCN), amonia, dan karbon monoksida (CO).
Kedua, rokok menyebabkan berbagai penyakit. Setiap kali menghirup asap rokok, entah sengaja atau tidak berarti juga menghisap lebih dari 4.000 macam racun. Karena itulah, merokok sama dengan memasukan racu-racun tadi ke rongga mulut dan tentunya terhisap oleh paru-paru. Merokok mengganggu kesehatan, kenyataan ini tidak dapat kita pungkiri. Banyak penyakit telah terbukti menjadi akibat buruk merokok, baik secara langsung maupun tidak langsung. Kebiasaan merokok bukan saja merugikan si perokok, tetapi juga bagi orang di sekitarnya. Di sini sudah jelas tertulis pada sampul belakang setiap bungkus rokok bahwa “MEROKOK DAPAT MEYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI, DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN”. Akan tetapi, banyak orang hanya mengabaikan peringatan ini, padahal bahaya merokok tersebut memang benar adanya, apalagi kini iklan komersial rokok di televisi pun sudah di sisipi dengan pesan “merokok membunuhmu”.
Ketiga, merokok adalah pemborosan. Selain berdampak buruk bagi kesehatan, kebiasaan merokok akan membawa dampak kerugian ekonomi yang cukup besar bagi keluarga dan masyarakat. Apabila seorang perokok menghabiskan satu bungkus rokok per hari dan harga rokok per bungkusnya adalah Rp.10.000,00 maka ia akan menghabiskan uang sekitar Rp.70,000,00 per minggu. Itu artinya seorang perokok akan menghabiskan uang sekitar Rp.300.000,00 per bulan hanya untuk membeli rokok saja. Sebenarnya, dengan uang sebesar itu dapat digunakan untuk melakukan hal-hal besar yang bermanfaat. Lebih baik menabung Rp.10.000,00 per hari daripada membakar uang Rp.10.000,00 per hari.
Menurut WHO, 80% perokok di dunia berdomisili di negara-negara berkembang. Di Indonesia terdapat lebih dari 50 juta orang yang membelanjakan uangnya secara rutin untuk membeli rokok. Tingkat konsumsi rokok di Indonesia terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Selam kurun waktu antara tahun 1970 hingga tahun 2000, konsumsi rokok di Indonesia naik tujuh kali lipat dari 33 milyar batang menjadi 217 milyar batang. Pada tahun 2005, konsumsi rokok Indonesia mencapai 214 milyar batang dan tahun 2008 menjadi 240 milyar batang. Dengan konsumsi 240 milyar batang rokok per tahun sama dengan 685 juta batang rokok per harinya, atau sama dengan uang senilai 330 milyar rupiah di bakar oleh para perokok Indonesia setiap hari.
Dari uraian di atas kita dapat menyimpulkan bahwa kebiasaan merokok adalah kebiasaan yang buruk dan berakibat fatal bagi kesehatan serta menimbulkan kerugian yang sangat besar. Jadi bagi anda yang belum pernah merokok, sebaiknya jangan mencoba-coba merokok karena dapat membahayakan kesehatan untuk diri sendiri. Terlebih lagi di zaman yang sudah tidak sehat ini, kita harus pandai-pandai menjaga kesehatan. Dan bagi perokok aktif kurangilah sedikit demi sedikit atau hilangkanlah kebiasaan buruk itu dengan cara : berniat sungguh-sungguh untuk berhenti merokok, bergaulah dengan orang yang tidak merokok, lupakan rokok dan cari penggantinya misal permen atau lolipop. Biasakanlah untuk hidup sehat,karena hidup sehat merupakan awal dari sebuah keberhasilan.

0 komentar: